Layanan Internet Unlimited (XL Axiata, Three, Telkomsel Flash) Sandaranku

No comments
Zakososa Weblogs - Curahan hati tentang layanan internet unlimited ISP Indonesia yang sempat menjadi sandaran aktivitas bloggingku.
Internet Service Provider atau penyedia layanan internet adalah sala satu unsur pokok utama yang harus dimiliki oleh blogger. Karena dengan adanya koneksi ke internet, maka blogger akan dapat melakukan aktivitas bloggingnya. Bagaimana bisa blogger meng-update informasi dan wawasannya yang akan dituangkan ke sebuah posting di blognya jika tidak ada koneksi internet yang terhubung pada perangkat keras mereka, seperti: PC Dekstop, Laptop, Netbook, Tablet, HP dan gadget lainnya mungkin.

Tanpa koneksi internet pun, seorang blogger tidak akan bisa melakukan optimasi SEO pada blognya, entah itu optimasi SEO Off Page maupun SEO On Page.

Akankah Telkomsel mengikuti jejak XL Axiata yang menghapus layanan internet unlimited tahun lalu? Saya sangat-sangat kecewa kepada XL Axiata pada saat itu, karena pada masa-masa itu saya adalah sala satu pelanggan setia Internet Unlimited XL Axiata. Walau saya harus mengeluarkan gocek Rp 5.000,- per harinya untuk tetap konek ke internet, saya tetap setia dengan layanan internet unlimited yang disediakan oleh XL Axiata. Namun apalah daya, setelah dihapusnya layanan internet unlimited dari peredaran, saya bergegas mencari Provider Layanan Internet lainnya.

Akhirnya, saya bersandar di bahu Layanan Internet yang ditawarkan oleh Three. Sebenarnya Three (3) tidak menyediakan layanan internet unlimited. Karena setelah kuota volume habis terpakai, maka akses internet terputus dengan seketika. Bagaimana tidak, ketika modem belum dikoneksikan sinyal yang tertera full tanpa celah satu batang pun. Namun, setelah modem dikoneksikan, sinyal yang muncul hanya sinyal EDGE yang tidak berguna dan juga tidak diharapkan sama sekali.

Biaya yang saya keluarkan untuk membeli paket Internet Unlimited (katanya) Three kisaran Rp 100.000,- untuk satu bulan dengan kuota volume 5GB. Mungkin itulah alasan saya mengapa bersandar di layanan internet three, karena murah meriah. Dan setelah sinyal tertelan dan hanyut, akhirnya saya pindah sandaran ke layanan internet unlimited telkomsel flash.

Satu tahun lamanya saya sudah bersandar di layanan internet unlimited telkomsel flash optima dan fun night (fun midnight flash) dengan menggunakan perdana KartuAS. Biaya yang saya keluarkan hanya Rp 100.000,- per bulan yang kemudian naik menjadi Rp 130.000,- per bulan dengan kuota volume 2GB dan dilengkapi dengan akses hingga 3Mbps. Kebijakan telkomsel flash yang saya sukai adalah kecepatan akses ketika setelah melewati pemakaian wajarnya. Saya kurang mengetahui berapa kecepatan akses yang diberikan oleh internet unlimited telkomsel flash pada saat itu, yang pasti setidaknya saya bisa melakukan aktivitas blogging (update posting, mendesain blogger template, dan melakukan optimasi SEO secara kecil-kecilan).

Namun, akhir bulan April 2013 lalu, saya dikejutkan dengan kecepatan akses internet unlimited telkomsel flash yang tiba-tiba mendadak melambat. Setelah saya cek di situs portal resminya, ternyata kecepatan akses internet (browsing) setelah melewati batas pemakaian wajar diturunkan menjadi 16KBps. Apakah saya yang baru merasakannya atau memang ada perubahan kebijakan dari pihak telkomsel, saya kurang mengetahuinya. Yang pasti, saya menjadi kecewa, padahal tidak lama sebelum kejadian tersebut terjadi, saya sempat membangga-banggakan telkomsel flash dan mempromosikan sekaligus merekomendasikan kepada teman-teman saya.

Mungkin inilah akhir dari kesetiannya saya terhadap layanan internet unlimiter telkomsel flash. Di akhir pekan ini saya berencana ingin pindah sandaran (mungkin) ke CDMA yang katanya memiliki pelanggan layanan internet terbanyak di Indonesia saat ini. Walau bagaimana pun, kemungkinan saya akan tetap setia dengan satu penawaran yang ditawarkan telkomsel flash, yaitu: fun night.


Updated 2: November 04, 2013

Related Posts: Layanan Internet Unlimited (XL Axiata, Three, Telkomsel Flash) Sandaranku

No comments: Layanan Internet Unlimited (XL Axiata, Three, Telkomsel Flash) Sandaranku