Wednesday, May 22, 2013

Mau Internet Unlimited atau Internet Cepat

Zakososa Weblogs: Mau Internet Unlimited atau Internet Cepat. Internet Unlimited atau Internet Cepat? Apa kebutuhan akses internet Anda?
Internet Service Provider (ISP) Indonesia telah banyak bermunculan dengan berbagai macam paket internet yang ditawarkannya. Kini terserah Anda mau memilih layanan internet yang mana, tentunya yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Entah itu yang unlimited atau yang aksesnya cepat.

Semua ISP di Indonesia telah berupaya memberikan layanan internet sebaik mungkin. Sehingga mereka bersedia bersaing dengan ISP-ISP lainnya sampai-sampai ada yang berani memberikan jaminan kuota hingga kecepatan aksesnya.

Berdasarkan hasil penelusuran dan selidik demi selidik yang saya lakukan pribadi, ISP di Indonesia rata-rata hampir semua tidak ada yang memberikan layanan akses internet full seperti yang diinginkan oleh pelanggan dan pengguna internet, layanan ini sering disebut-sebut dan dikenal sebagai layanan internet unlimited. Kebanyakan ISP Indonesia hanya menggunakan nama unlimited pada layanan internet yang ditawarkannya saja, dalam kenyataannya bisa Anda jawab sendiri.

Sebagai gambaran, disini saya akan memberikan penjelasan berdasarkan pengalaman pribadi sesuai ISP yang pernah saya jadikan sebagai sandaran demi kelancaran aktivitas blogging saya (tanpa sensor, tanpa inisial, alias blakblakan). Jadi, sebelumnya saya mohon maaf kepada pihak ybs karena pada dasarnya inilah kenyataan yang ada dan yang saya rasakan, silakan disimak. Baca: Layanan internet unlimited yang pernah menjadi sandaranku

Layanan Internet Unlimited XL Axiata

Pada saat pertama kali saya masuk di dunia internet dan dunia blogging via PC/ Laptop/ Netbook, ISP sandaran saya adalah Internet Unlimited dari XL Axiata. Saking enjoy dan puas dengan layanan yang diberikan XL Axiata, sampai-sampai saya merekomendasikannya kepada rekan-rekan saya bahkan sampai memuji dan mengagung-agungkannya. Karena pada saat itu, Internet Unlimited XL Axiata memberikan kehidupan online saya menjadi berarti. Dengan kecepatan aksesnya, saya menjadi pelanggan setianya.

Setelah waktu berlalu, dan setelah saya genjar membesar-besarkan nama Internet Unlimited XL Axiata, entah mengapa layanan internet unlimited dari XL Axiata menghilang dan berubah menjadi XL Hot Rod 3G. Memang kecepatan akses tidak menghilang dari layanan internet yang ditawarkan XL Axiata, bahkan saya berani mengatakan kecepatan aksesnya meningkat. Akan tetapi layanan unlimited dari XL Axiata telah menghilang. Jadi, terima kasih XL Axiata dan selamat tinggal.

Layanan Internet Unlimited Axis

Setelah kesetiaan terhadap layanan internet unlimited XL Axiata pudar bahkan menghilang, saya beralih bersandar di pundak layanan internet unlimited Axis. Kecepatan akses dan murahnya membuat saya tergila-gila terhadapnya. Namun, yang membuat saya kecewa dengan layanan internet unlimited yang ditawarkan Axis adalah embel-embel nama unlimited yang penuh dengan kebohongan. Karena pada saat ketika kuota yang saya miliki habis, layanan internetnya tidak bisa digunakan sama sekali. Bahkan sinyal yang awalnya (sebelum modem dikoneksikan) penuh menjadi hilang seketika setelah modem dikoneksikan.

Masalah embel-embel nama unlimited belum membuat saya jera pada saat itu. Semenjak hilangnya sinyal dari peredaran udara di tempat saya, mulailah saya merasakan kejeraan menggunakan layanan internet unlimited yang ditawarkan oleh Axis. Awalnya saya coba mengadukan permasalahan tersebut kepada customer service Axis. Namun, mereka menjawab keluhan saya dengan tidak profesional (maaf). Bagaimana tidak kesal, mereka malah mengembalikan permasalahan ini kepada saya yang mengatakan salah konfigurasilah, salah pengaturan profilenyalah, kesalahan sistem PCnyalah, dan lain sebagainya. Padahal tidak ada tindakan apa pun yang sekiranya merubah sistem pada PC yang saya gunakan. Saya hanya berharap solusi yang dapat menyelesaikan permasalahan yang saya hadapi, namun apalah daya, solusi yang tepat adalah berpaling dan pindah layanan dari ISP Axis ke ISP lainnya, yaitu: Telkomsel Flash.

Layanan Internet Unlimited Telkomsel Flash

Saya bersandar pada layanan internet unlimited Telkomsel Flash kurang lebih hampir 2th lamanya. Bahkan saya kebingungan ketika mendengar ada perubahan kebijakan dari Telkomsel Flash. Namun, hal tersebut tidak membuat saya bingung dan bimbang lagi setelah memahami perubahan kebijakan tersebut. Kebijakan baru tersebut adalah diantaranya: Perubahan harga paket dan penambahan layanan paket internet, yaitu: Telkomsel Flash Ultima (Volume Based).

Kesan buruk yang sempat saya alami bersama layanan internet Unlimited Telkomsel Flash adalah paket internet tidak terdeteksi dan pulsa utama yang saya miliki hilang (disedot habis sampai Rp 50.000,-). Sedangkan kesan fantastik yang saya alami adalah layanan internet unlimitednya benar-benar unlimited sempat saya rasakan. Bagi saya yang beraktivitas di dunia blogging untuk update posting dan melakukan custom bogger template sangat membantu sekali dan puas, walau kecepatan aksesnya turun setelah kuota wajar habis.

Namun, kini entah mengapa kecepatan akses setelah pemakian wajar menjadi berbeda alias menjadi semakin lambat bin leled, hanya 16Kbps. WOW..!!! so, i just wanna say thanks and good bye..!!

Layanan Internet Unlimited Smartfren

WAW..!! saya sempat tertegun dan tertarik bergabung bersama ISP Smartfren setelah mengetahui informasi-informasi seputar layanan internet unlimitednya. Okey, sekarang saya sedang menggunakan layanannya dan saya juga sedang bingung paket mana yang sesuai dan dapat memuaskan hasrat blogging saya. Untuk smartfren, saya belum bisa berkata panjang lebar. Mungkin lain waktu saya akan membicaraknnya. :D


Jadi, apa kebutuhan akses internet yang Anda inginkan? kecepatan atau kebebasan akses internet? Semua ISP di Indonesia (Telkomsel, Axis, XL Axiata, Smartfren, dsb.) telah membuat kebijakan dan menawarkan layanan internet untuk Anda dari yang unlimited-unlimited-an dan unlimited beneran dengan variasi speed aksenya hingga non-unlimited yang menawarkan speed yang mencengangkan.

Satu hal yang perlu kita ingat dan harus kita terapkan adalah manajemen waktu dalam penggunaan paketnya. Tanpa manajemen waktu yang tepat, kita akan keteteran ketika volume kuota yang dibeli sudah habis (berlaku untuk semua paket, entah itu unlimited maupun non-unlimited -volume based-).  Selain manajemen waktu, juga pengetahuan informasi tentang paket perlu bahkan wajib kita ketahui dan dipahami agar tidak terjadi kekecewaan yang berlebihan.

Updated1: Friday, September 14, 2013
Updated2: November 04, 2013
Zaenal Abidin
I am not incredible blogger and amateur blog designer. My style is not excited and not gracefully describe and explain the things that makes it easy for readers to understand and learn about blog design for bloggger, blogspot, and wordpress too.. visit my new site www.zakososa.net

Related Posts: Mau Internet Unlimited atau Internet Cepat

No comments: Mau Internet Unlimited atau Internet Cepat